Hajar Kompetitor Dengan Ambush Marketing!

Ambush marketing adalah salah satu strategi yang jarang digunakan. Padahal startegi ini memiliki peluang yang besar untuk dapat melumpuhkan kampanye pesaing.

Strategi ini melibatkan brand untuk mengaitkan produk atau layanan mereka dengan acara besar yang sudah memiliki perusahaan sponsor resmi.

Beberapa kasus nyata, strategi ini banyak diimplementasikan oleh perusahaan – perusahaan besar di acara olahraga seperti piala dunia, fifa, dan sebagainya untuk meningkatkan brand awareness tanpa memiliki hak sponsor.

Nah kira-kira seperti apa sih Ambush marketing itu? Tenang, karena dimarketing membahas mengenai ambush marketing di bawah ini!

Pengertian Ambush Marketing

Ambush marketing atau juga biasa dikenal sebagai pemasaran penyergapan, merupakan strategi yang di gadang-gadang sangat ampuh untuk mengalahkan kompetitor melalui iklan atau promosi.

Bagaimana tidak? Strategi ini mampu mengungguli strategi marketing perusahaan lain bahkan kompetitor dengan cara yang tidak terduga. Dengan memanfaatkan popularitas suatu acara melalui kesan yang diberikan bahwa mereka lah penyelenggara sponsor, padahal brand tersebut hanya mengambil alih sponsor resmi acara tetapi seakan-akan merekalah sponsor dari acara itu sendiri.

Dari strategi ini terlihat cara ideal bagi bisnis untuk mencuri perhatian dari khalayak luas. Ketika sebuah perusahaan menunggu dalam posisi tersembunyi untuk mendapatkan momen pas bagi brand melakukan kampanye.

Ibaratnya seperti ini, jika perusahaan anda ingin melakukan kampanye promosi dengan memanfaatkan popularitas suatu acara besar yang memiliki banyak peminat. Tetapi, di sisi lain anda tahu betul anggaran untuk melakukan promosi tidak akan cukup untuk membayarnya.

Maka, salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk perusahaan yaitu dengan mengimplementasikan strategi ambush marketing ini.

Baca Juga: Pengertian Marketing Mix dan Penerapannya

Mengapa Pemasaran Penyergapan Dilakukan?

Strategi pemasaran penyergapan digunakan oleh sebagain perusahaan karena memiliki tujuan utama yaitu untuk mengasosiasikan perusahaan mereka dengan popularitas suatu acara tertentu.

Tetapi, cara implementasi dari strategi ini sangat berbeda dengan strategi lain yang pendekatannya melalui kampanye pemasaran secara bebas, fleksibel dan penuh kreatif tapi terkesan kurang baik. Dan jenis pendekatannya dibagi menjadi 2 yaitu direct marketing dan indirect marketing.

GET IN TOUCH

Start Your Digital Journey

Jenis Dari Ambush Marketing

Adapun 2 jenis ambush marketing yang biasa digunakan untuk melakukan kampanye marketing, diantaranya yaitu:

1. Direct

Dalam pemasaran penyergapan langsung atau direct, tim merek secara agresif menggunakan berbagai aktivitas untuk mengasosiasikan brand dengan suatu acara tanpa menjadi sponsor atau mitra dari acara tersebut. Ada empat jenis pemasaran direct ambush marketing:

  • Predatory Ambushing, adalah teknik untuk menyerang brand lainnya (sponsor resmi suatu acara), agar sponsor resmi tidak teridentifikasi oleh khalayak luas.
  • Coat tail Ambushing, adalah strategi di mana sebuah brand bertujuan untuk mendapatkan eksposur dengan menjadi sponsor dari seseorang yang berpartisipasi dalam acara tersebut.
  • Guerilla Ambushing, adalah teknik non konvensional untuk memasarkan produk/ jasa suatu brand. Biasanya dilakukan dengan cara menyusup atau menggunakan trend dari brand lain.
  • Self Ambushing, berarti suatu merek memiliki hak sponsor tetapi terlibat dalam kegiatan yang tidak disebutkan dalam kontrak.

2. Indirect

Di sisi lain, ada pemasaran penyergapan tidak langsung atau indirect. Jenis ini dilakukan ketika suatu brand secara tidak langsung menghubungkan dirinya dengan suatu peristiwa atau permainan untuk mendapatkan lebih banyak awareness untuk mempromosikan produknya.

Dalam kegiatan ini, merek tidak akan disalahkan karena menyerang atau mencuri perhatian dari pesaing mereka. Karena penyergapan dilakukan menggunakan gambar, simbol atau kata-kata yang menciptakan kebingungan dari promosi yang dilakukan dekat dengan suatu acara tanpa membuat referensi khusus ke acara tersebut atau tema yang bersangkutan dengan acara.

Kelebihan Ambush Marketing

Setelah mengetahui pengertian dan maksud dari penggunaan strategi penyergapan, anda juga perlu tahu kelebihan dari penggunaan strategi ini.

Satu hal umum yang dimiliki setiap bagian kampanye ambush marketing adalah menjadi sangat nakal. Ambush marketing pada awalnya adalah trik menyerang brand lain dengan menanggapi atau memanfaatkan kampanye brand lain untuk mempromosikan brand sendiri.

Oleh karena itu, aktivitas yang diambil dalam kampanye pemasaran penyergapan harus kreatif dan terkadang “kurang ajar.” Setiap alat mulai dari tipu daya visual hingga permainan kata yang jenaka dapat membuat strategi ini lebih pintar.

Itu sebabnya kampanye pemasaran penyergapan(ambush marketing) lebih menghibur dan mendapatkan banyak perhatian daripada startegi promosi normal. Selain itu sering membawa tawa dan diskusi terbuka di saluran media sosial yang membuat strategi pemasaran bergaya penyergapan ini menjadi sangat berkesan.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)