Flanking marketing banyak digunakan oleh para pesaing untuk saling menggusur dan berebut pangsa pasar. Dalam perjalanan pertumbuhan dan ekspansi, perusahaan besar biasanya mendiversifikasi produk dan layanan mereka untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Dan kemungkinan besar, para kompetitor anda memiliki pasar utama yang menjadikannya sangat dominan, meskipun tidak begitu dikenal secara luas. Sementara perusahaan anda mungkin hanya mendapatkan keuntungan di pasar periferal, dengan keadan yang tidak begitu mendominasi.
Dengan hal tersebut, anda bisa menjadikan para kompetitor yang memiliki pasar inti dan lebih dominan ini sebagai target yang matang untuk melakukan flanking marketing.
Berikut pembahasan dimarketing mengenai apa itu flanking marketing dan benefitnya
Contents
Pengertian Strategi Flanking Marketing
flanking marketing strategy merupakan suatu strategi, dimana anda berusaha untuk menggusur kompetitor lain dan mencoba mengambil alih ceruk pasar utamanya dengan cara menggunakan segmentasi pasar yang tidak atau belum mendapatkan pelayanan yang baik oleh para kempetitor anda.
Strategi ini juga bisa dikatakan sebagai strategi indirect marketing (marketing tidak langsung). Karena strategi ini juga bertujuan untuk menangkap pangsa pasar dan segmen kompetitornya dengan menyerang kelemahan sebagai peluang.
Bagaimana Cara Kerja Dan Memaksimalkan Startegi Flanking Marketing?
Pertama-tama, Anda bisa lakukan analisis terhadap ulasan yang diberikan pelanggan ke kompetitor anda. Dari sini, anda akan mengetahui letak kelemahan kompetitor anda. Dan perlunya anda untuk memperhatikan keluhan beserta masalah yang dihadapi pelanggan kompetitor.
Setelah itu, anda bisa mulai untuk memasuki peluang tersebut dengan strategi yang sudah direncanakan. Yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan yang tidak mereka dapatkan dari kompetitor anda.
Disisi lain, anda juga perlu untuk menyiapkan taktik perluasan informasi demi marketing yang efektif. Seperti wilayah pasar pesaing dan besar kecilnya keuntungan yang telah didapatkan pesaing. Ini akan membantu anda semakin fokus untuk melakukan startegi ini dengan baik.
Benefit Dari Implementasi Flangking Marketing
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari strategi flanking marketing adalah sebagai berikut;
Fokus
Karena startegi ini memiliki segmen dan penargetan yang cenderung sempit atau sudah ditentukan siapa targetnya dan bagaimana ceruk pasarnya. Maka, harusnya anda bisa fokus dalam melakukannya. Dan peluang kesuksesan akan lebih besar saat anda benar-benar memfokuskan pada poin utamanya saja.
Sulit Untuk Dikalahkan
Akan sangat sulit bagi kompetitor anda untuk mempertahankan atau bahkan melakukan defensif pada startegi yang anda lakukan. Karena startegi flanking marketing ini berfokus untuk menyerang titik kelemahan perusahaan kompetitor.
Dan itu berarti segmen yang lemah bukanlah prioritas pesaing dalam menghasilkan pendapatan utama mereka. Maka, ketika Anda menargetkan strategi pada titik lemah kompetitor, mereka tidak akan menyia-nyiakan sumber daya mereka untuk mempertahankannya.
Flanking Marketing Terbukti Keberhasilannya
Strategi ini bukanlah strategi baru yang tidak menunjukkan bukti real keberhasilan suatu brand. Banyak perusahaan yang sukses dan menjadi lead pasar hingga saat ini. Seperti Red Bull, Adidas, Mercedes Benz, dan Telkomsel.
Biaya Yang Terjangkau
Biaya penerapan strategi flanking marketing ini bisa dikatakan cukup terjangkau dibandingkan dengan strategi lainnya. Karena Anda hanya perlu fokus pada satu segmen saja. Yaitu pada lini produk / layanan pesaing. Sehingga, anda tidak perlu menghabiskan banyak sumber daya untuk mengeksekusi startegi ini.
Jenis Strategi Flanking Marketing
Low Price Flanking
Pada strategi ini, sebuah perusahaan menurunkan harga produk atau layanannya lebih rendah dari yang ditawarkan oleh pesaingnya. Pelanggan bisa mendapatkan layanan dan kualitas produk yang sama.
Berdasarkan beberapa kasus dimana ada perusahaan menawarkan produk dengan harga yang lebih tinggi cenderung kehilangan pangsa pasarnya sendiri. Dan oleh sebab itu, ini merupakan peluang bagi para kompetitor dengan produk yang sama atau jasa untuk melakukan jenis startegi ini.
High Price Flanking
High price flanking ini merupakan strategi dimana perusahaan menaikkan harga produk atau layanannya sehubungan dengan pesaing. Ini sering dilakukan untuk mengubah status quo, menetapkan standar baru, atau mendefinisikan kembali beberapa karakteristik pasar.
Baca juga: Digital Marketing Agency Adalah Pilihan Terbaik Untuk Bisnis Anda
Seperti produk Mercedes-Benz misalnya, pada awal adanya flanking marketing pada tahun 1950-an. Mercedes-Benz mendapati serangan dari general Motors di pasar mobil prestise. Mobil asal Jerman itu memberi harga sedan mewahnya jauh lebih tinggi daripada GM Cadillac petahana untuk bahan kampanye yang mampu dan berani memposisikan dirinya sebagai kendaraan superior.
Dan pada 50 tahun-an kemudian, Mercedes berhasil mengalahkan Cadillac untuk pertama dan terakhirnya. Hingga Cadillac kehilangan reputasi sebagai merek mewah.
Flanking with Size
Strategi ini menargetkan dari bentuk ukuran produk. Sebagi contoh Appl. Ia mereferensikan produknya Ipod yang berukuran kecil kepada pelanggannya dan alhasil dapat memenangkan pangsa pasar dari produsen kaset dan pemutar CD. Dari sini, bentuk dan keefektifitasan fungsi atau kinerja suatu produk juga perlu diperhatikan.
Disitribution Flanking
Strategi distribusi ini memang akan terdengar sedikit konyol. Tetapi ketahuilah, jika salah satu brand jam tangan America bernama Timex, melakukan penjualan produknya di apotek. Sementara produk kompetitor hanya dijualn di departement store.
Kesimpulan
Flangking marketing adalah sebuah strategi yang sangat bagus untuk mengungguli para pesaing anda, dan membuat perusahaan atau brand anda lebih menonjol di pasar baru. Memang akan ada beberapa strategi yang digunakan untuk meloloskan diri dari flanking marketing ini.
Hanya saja perlu menggunakan kreatifitas agar tidak terapit atau kalah oleh startegi ini. Dan tentu, pada akhirnya anda lah yang akan mengapit brand lain dengan kreatifitas anda melalui startegi flanking marketing ini.